kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
ADV /

Anak Usaha TubanPetro, PT PON Berkomitmen pada Program Pendidikan, Ekonomi&Lingkungan


Senin, 30 Oktober 2023 / 15:38 WIB
Anak Usaha TubanPetro, PT PON Berkomitmen pada Program Pendidikan, Ekonomi&Lingkungan
ILUSTRASI. Kontan - TubanPetro Adv Online

KONTAN.CO.ID - PT Petro Oxo Nusantara (PT PON) sebagai salah satu anak usaha PT Tuban Petrochemical Industries (TubanPetro) dan merupakan bagian dari group subholding kilang dan petrokimia Pertamina (PT Kilang Pertamina Internasional) memahami kemajuan perusahaan tidak lepas dari dukungan masyarakat. Komitmen perusahaan pionir industri 2-Ethyl Hexanol (2-EH) di Asia Tenggara ini adalah untuk meningkatkan ekonomi sosial masyarakat diwujudkan dalam serangkaian program TJSL (Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan).

Berdampingan dengan pemerintah dan masyarakat setempat, kegiatan TJSL untuk memberdayakan masyarakat yang telah dilaksanakan antara lain: pembentukan kader Masyarakat Berdaya Peduli Lingkungan (MASBERLING), pembinaan mitra UMKM, serta penyaluran beasiswa Sekolah Kejar Paket B dan C.

Pelaksanaan Program MASBERLING bekerja sama dengan Asosiasi Bank Sampah Indonesia Kabupaten Gresik dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gresik. Kader MASBERLING bertugas mengedukasi masyarakat mengenai penanganan serta pengelolaan sampah domestik. Diharapkan, inisiatif ini dapat mengurangi debit sampah serta para kader bisa menjadi agent of change di masyarakat, khususnya di wilayah Kota Gresik.

Salah satu kegiatan Program MASBERLING adalah edukasi zero waste city di acara car free day Kota Gresik. Pada kesempatan tersebut, masyarakat bisa menukarkan sampah dengan sembako/bibit tanaman/pupuk serta mendapatkan edukasi penanganan sampah domestik menggunakan maggot. Selain itu, dalam acara ini masyarakat diajak mendaur ulang sampah plastik menjadi kerajinan kreatif, pot tanaman, hiasan dinding, bahkan produk fashion.

Untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, PT PON membentuk Mitra Binaan yang bekerja sama dengan UMKM Bersatu Kabupaten Gresik di bawah naungan Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gresik. Mitra Binaan PT PON memperoleh pendampingan serta pelatihan untuk meningkatkan kemampuan wirausaha serta pembekalan mengenai pentingnya pengurusan legalitas usaha. Diharapkan, mitra binaan bisa naik kelas dengan skala yang lebih besar dalam hal volume produksi, pemasaran, dan pendapatan.

Pada bidang pendidikan, PT PON menyalurkan beasiswa sekolah kejar paket B setara Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan paket C setara Sekolah Menengah Atas (SMA). Program beasiswa ini telah membantu 34 warga putus sekolah di sekitar perusahaan mengenyam pendidikan yang lebih baik.

Presiden Direktur PT Petro Oxo Nusantara menyampaikan, program-program yang telah dijalankan merupakan wujud nyata peran sektor industri dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat serta merupakan langkah PT PON untuk menjadi green company dengan menerapkan kegiatan perusahaan berbasis lingkungan.

“Dari langkah konkret yang telah diambil PT PON, diharapkan program pemberdayaan berbasis lingkungan, ekonomi dan pendidikan akan turut membantu upaya pemerintah dalam meningkatkan nilai kualitas hidup masyarakat, serta menjadikan masyarakat sekitar perusahaan memiliki bekal lebih untuk mengembangkan potensi-potensi individu maupun kolektif dalam upaya penanggulangan masalah-masalah sosial masyarakat,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: Adv Team
Editor: Ridwal Prima Gozal

TERBARU

×