kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
ADV /

Agar Kans Diterima Lebih Besar, Ini 4 Tips Menulis Surat Lamaran Kerja


Kamis, 02 Maret 2023 / 14:00 WIB
Agar Kans Diterima Lebih Besar, Ini 4 Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

KONTAN.CO.ID - Bekerja merupakan kegiatan esensial untuk kelangsungan hidup umat manusia. Pasalnya, pekerjaan menjadi sumber pendapatan untuk memenuhi kebutuhan pangan, sandang, papan, bahkan kebutuhan tersier seperti rekreasi.

Tidak heran apabila banyak orang berusaha keras menempuh pendidikan hingga jenjang yang tinggi demi mendapatkan pekerjaan dengan upah yang layak agar dapat memperbaiki atau meningkatkan kualitas hidup.

Mengutip MojokBisnis.com, pekerjaan merupakan kegiatan yang dilakukan seseorang kepada sebuah lembaga, instansi, atau perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Semakin formal sistem yang diterapkan, maka semakin formal pula kegiatan penerimaan tenaga kerjanya.

Dalam menerima tenaga kerja baru, biasanya pemberi kerja menganjurkan atau mewajibkan para pelamar kerja untuk membuat surat lamaran pekerjaan. Tujuannya, sebagai bentuk perkenalan diri yang berisi data diri, pengalaman kerja, dan riwayat pendidikan terakhir.

Tips menulis surat lamaran kerja

Surat lamaran kerja harus disusun berdasarkan kriteria yang umumnya berlaku. Oleh karena itu, mengingat pentingnya surat lamaran kerja agar bisa mendapatkan pekerjaan, susunan isinya perlu diperhatikan.

Berikut 4 tips menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar.

1. Ciptakan kesan yang baik

Langkah mendasar dan sangat penting saat membuat surat lamaran kerja adalah memberikan kesan yang baik, sopan, dan santun. Dalam pembuatan surat lamaran kerja, sebaiknya menulis nama perusahaan yang akan dituju sesuai nama dan ejaan yang benar.

Selain itu, dalam menulis subyek surat lamaran ditujukan sebaiknya menuliskan nama dan status jabatan secara lengkap dan benar sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD).

2. Bahasa baku dan tidak bertele-tele 

Tips penting berikutnya adalah menulis surat lamaran kerja yang tidak bertele-tele. Sebaiknya Anda menulis maksud dan tujuan secara jelas dan lugas menggunakan bahasa Indonesia baku.

3. Cantumkan informasi penting

Dalam surat lamaran kerja, penting bagi kamu untuk mencantumkan beberapa informasi penting dalam badan surat. Informasi tersebut antara lain data diri dan berbagai lampiran pendukung, seperti foto, riwayat pendidikan, dan pengalaman kerja.

Sebelum menutup surat, Anda juga sebaiknya menyatakan permohonan untuk dapat diterima mengikuti seleksi rekrutmen. Selain itu, jangan lupa mengucapkan salam pada bagian pembuka dan penutup surat, serta ucapan terima kasih yang disertai tanda tangan dan nama jelas Anda.

4. Baca ulang sebelum dikirim

Membaca ulang surat lamaran kerja sebelum dikirim kepada penerima kerja merupakan tindakan yang sangat penting. Tujuannya, untuk menghindari typo dan penggunaan kata yang berlebihan. Perhatikan juga kerapian surat, seperti margin, font, dan tanda baca karena hal sederhana ini mencerminkan kepribadian diri.

Itulah tips singkat untuk menulis surat lamaran kerja yang dapat Anda terapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: adv PI
Editor: Indah Sulistyorini

TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×