kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
ADV /

7 Kegiatan Seru untuk Mengisi Waktu Luang!


Selasa, 28 Maret 2023 / 19:52 WIB
7 Kegiatan Seru untuk Mengisi Waktu Luang!

KONTAN.CO.ID - Waktu luang adalah salah satu hal yang sangat berguna. Sebab dengan waktu luang, banyak hal yang bisa dilakukan. Mulai dari mengisi kegiatan dengan hobi sampai mengerjakan pekerjaan sampingan yang bisa menambah income. Oleh sebab itu, waktu luang akan sangat bermanfaat apabila diisi dengan hal yang positif.

Tokoh terkenal asal Prancis, Leonardo Da Vinci bahkan pernah bilang kalau "Waktu akan selalu tersedia bagi mereka yang mau memanfaatkannya”. Tidak heran dari pemikirannya tersebut Leonardo Da Vinci dianggap sebagai salah satu pelukis terhebat sepanjang sejarah (meski hanya sekitar 15 karyanya yang bisa bertahan hingga saat ini).

Anda memang tidak harus menjadi sehebat Leonardo Da Vinci, karena setiap orang punya kelebihannya sendiri-sendiri. Namun bicara soal mengisi waktu luang, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Sebab, ada banyak hal positif yang bisa dilakukan dari total 8.760 jam dalam setahun.

Apa saja hal-hal positif yang bisa dilakukan dalam mengisi waktu luang tersebut?

1. Ikut Workshop sampai Seminar Online

Saat ini, banyak sekali workshop sampai seminar yang bisa diikuti. Pandemi memang mengubah semua lini kehidupan, termasuk kegiatan-kegiatan seperti ini. Namun, hal ini bukan berarti menghalangi Anda untuk bisa berpartisipasi mengikuti kegiatan yang Anda suka. Sebab, saat ini banyak kegiatan online yang bisa diikuti. Anda bisa memilih kegiatan tersebut dengan cara mencarinya di situs online.

Soal pembayaran juga mudah asal Anda memiliki rekening bank. Sebab, transaksi pembayaran untuk mengikuti workshop atau seminar-seminar online tersebut bisa Anda lakukan hanya dengan mentransfer sejumlah uang ke rekening bank penyelenggara. Jadi, nggak ada alasan untuk tidak bisa bergabung dengan workshop dan seminar online yang Anda minati.

Tidak hanya menambah pengetahuan, workshop dan seminar ini tentunya juga menambah jejaring. Siapa tahu, dengan mengikuti kegiatan ini Anda memiliki peluang baru serta teman baru. Keduanya bisa menjadi jembatan untuk meningkatkan pengetahuan serta penghasilan Anda. Selain tentunya meningkatkan skill yang telah Anda tekuni.

2. Membaca

Membaca menjadi salah satu hal populer untuk mengisi waktu luang. Tidak hanya membaca buku, Anda juga bisa membaca komik, majalah, bahkan membaca berita yang bisa diakses secara gratis di media online. Jika tidak sempat membeli buku favorit ke toko buku, Anda juga bisa dengan mudahnya membeli buku-buku tersebut di toko buku online.

Tidak hanya itu, saat ini fasilitas perpustakaan juga mulai marak. Di Jakarta misalnya, Anda bisa mengunjungi Perpustakaan Nasional. Kemudian ada Perpustakaan di kawasan Taman Ismail Marzuki, di Cikini Jakarta Pusat. Kedua perpustakaan tersebut menawarkan koleksi beraneka macam judul buku yang bisa disesuaikan dengan selera bacaan.

Anda juga bisa membaca dengan membeli di situs online, yaitu ebook. Ini mudah dilakukan asal Anda punya rekening bank sehingga transaksi bisa dilakukan secara online melalui aplikasi mobile banking yang disediakan oleh bank Anda. Dengan cara ini, Anda tetap bisa menikmati bacaan kesukaan tanpa repot ke toko buku sekaligus menghemat tempat penyimpanan. Sebab dengan membeli ebook, Anda akan dimudahkan dengan hanya mengaksesnya di ponsel kesayangan Anda.

3. Wisata Kuliner

Agenda yang satu ini juga populer dan banyak disukai. Tercatat ada lebih dari 5.300 jenis masakan di Indonesia yang bisa dicoba. Sehingga, wisata kuliner menjadi agenda yang banyak dilakukan. Apalagi saat ini gempuran kuliner dari berbagai negara masuk ke Indonesia dan menjadi favorit banyak anak-anak muda.

Sebut saja makanan asal Korea Selatan, Jepang hingga Negeri Tirai Bambu yang banyak mendapatkan sambutan positif. Tidak sedikit yang akhirnya berhasil membuat konten untuk diunggah di media sosial setelah berwisata kuliner. Dua kegiatan ini tentunya menumbuhkan hal positif karena bisa memberikan informasi untuk orang lain.

Seiring dengan perkembangan media sosial yang semakin masif, pencarian akan kuliner tertentu semakin mudah dilakukan. Melalui aplikasi seperti Tiktok, Instagram, Twitter hingga Facebook, Anda bisa dengan mudahnya menemukan deretan makanan jalan hingga makanan di restoran yang bisa dicoba untuk agenda wisata kuliner selanjutnya.

4. Memasak

Kegiatan yang satu ini juga banyak disukai. Bahkan, kegiatan yang satu ini bisa dijadikan sebagai terapi. Terapi dengan memasak disebut dengan therapeutik cooking, di mana memasak dalam hal ini meliputi baking yaitu membuat kue dan memasak. Hasil dari terapi tersebut membuktikan bahwa memasak dapat membantu pengobatan skizofrenia, depresi, mood disorder, dan masalah kesehatan mental lainnya.

Bahkan, kegiatan sebelum memasak juga dinilai menyenangkan. Mulai dari belanja bahan-bahan hingga menyiapkannya. Tidak heran jika kegiatan yang satu ini banyak disukai sampai ada yang rela merogoh kocek untuk mengikuti kelas sesi baking dan memasak.

Selain menjadi terapi, makanan dan kue-kue yang dihasilkan juga bisa dijual. Hal ini tentunya bisa menjadi side hustle dan pastinya bisa menambah pemasukan. Salah satu contoh yang tersohor adalah Ayam Goreng Suharti yang berangkat dari hobi memasak yang akhirnya membuat nama ayam goreng tersebut kini dikenal dan menjadi yang banyak disukai.

5. Istirahat dan Bersantai

Menghabiskan waktu memang tidak selalu dengan kegiatan di luar rumah atau kegiatan yang menghabiskan tenaga. Istirahat yaitu tidur yang cukup dan bersantai juga bisa menjadi salah satu contoh mengisi waktu luang. Setelah lelah bekerja seseorang memang butuh waktu untuk beristirahat. Bisa dengan tidur, bersantai sambil menonton tayangan favorit atau hanya duduk-duduk sambil menikmati suasana.

Setiap orang butuh beristirahat agar tubuh kembali fit dan segar. Dengan istirahat yang cukup, tentunya membantu kegiatan misalnya bekerja bisa dilakukan dengan baik dan maksimal. Jika kurang istirahat, tubuh bisa sakit dan kemungkinan akan mengganggu kegiatan yang lainnya.

Beberapa alasan kenapa istirahat baik untuk kesehatan antara lain menjaga daya tahan tubuh, meningkatkan konsentrasi, meningkatkan daya ingat hingga mengontrol gula darah. Tapi jangan lupa, istirahat dengan cara tidur sepanjang hari juga tidak disarankan. Terlalu banyak tidur juga dapat mengacaukan sistem metabolisme tubuh sehingga produksi insulin terganggu dan menyebabkan gula darah tidak terkontrol.

6. Olahraga

Kegiatan yang satu ini bagai dua sisi mata uang. Ada yang sangat senang melakukannya, namun ada juga yang malas melakukannya. Padahal, olahraga memiliki sederet manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh. Antara lain mengurangi kadar kolesterol di dalam darah, membakar kalori di dalam tubuh, menyehatkan jantung, mencegah terjadinya obesitas, mengurangi stres, mengurangi risiko terkena diabetes melitus hingga menguatkan tulang, sendi, dan otot.

Ada banyak pilihan olahraga yang bisa dilakukan. Mulai dari yang paling mudah seperti berlari dan jalan kaki, kemudian berenang yoga, sampai olahraga ekstrim seperti panjat tebing. Apapun jenis olahraganya, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan tentunya yang Anda suka.

Jika Anda merasa malas berolahraga sendiri, Anda bisa datang ke tempat pusat kebugaran yang banyak tersebar. Dengan berolahraga di pusat kebugaran, Anda akan bisa mencoba banyak jenis olahraga dan tentunya bisa juga mendapat teman baru. Memang membutuhkan biaya, namun saat ini pusat kebugaran banyak yang memberikan promo. Pastikan bank yang Anda gunakan bekerjasama dengan pusat kebugaran tersebut untuk bisa menikmati promonya.

7. Mengatur Keuangan

Kegiatan yang satu ini mungkin kurang populer untuk mengisi waktu luang. Padahal, kegiatan yang satu ini sangat bermanfaat untuk kesehatan finansial. Banyak hal yang bisa dilakukan saat mengatur keuangan di waktu luang. Beberapa diantaranya adalah:

● Membuat budgeting

Anda bisa membuat budgeting untuk sebulan. Misalnya budget untuk transportasi, kebutuhan sehari-hari untuk makan di rumah, tagihan-tagihan, hingga kebutuhan untuk bersenang-bersenang. Membuat catatan memang dibutuhkan waktu tersendiri agar kita tidak impulsif dan hanya mencatat hal yang diperlukan. Setiap catatan yang dibuat juga sebaiknya bisa dipertanggungjawabkan agar kondisi keuangan tetap aman sampai hari gajian.

● Membuat catatan harian

Setelah membuat catatan bulanan, kini saatnya membuat catatan harian. Ini adalah mencatat apa saja spending yang dikeluarkan setiap harinya. Dengan membuat catatan harian, Anda akan tahu mana yang on budget dan mana yang meleset dari budget. Catatan harian juga membantu melihat pos mana yang harus dikurangi untuk bisa dialokasikan ke pos yang lain.

● Catatan evaluasi

Setelah membuat catatan bulanan dan catatan harian, saatnya melakukan evaluasi. Catatan ini bertujuan untuk melihat bagaimana rencana dan realisasi dari catatan budget yang sudah dilakukan. Pos mana yang tidak sesuai dan pos mana yang sesuai. Dengan melakukan evaluasi, Anda jadi tahu pos mana yang harus diperbaiki.

Ketiga kegiatan dengan membuat catatan tersebut memang membutuhkan waktu tersendiri untuk melakukannya. Sehingga, memanfaatkan waktu luang untuk mengatur keuangan menjadi hal positif yang bisa dilakukan setiap orang. Saat ini, tidak ada lagi alasan sulit dalam mengatur keuangan. Apalagi, rekening bank bisa diakses secara online baik itu melalui aplikasi mobile banking maupun internet banking. Hal ini membuat setiap orang lebih mudah melakukan berbagai transaksi tanpa perlu ke bank dan ATM. Termasuk buka rekening bank yang juga semakin mudah, bahkan bisa dilakukan hanya melalui ponsel saja.

Ada beberapa cara bagaimana memilih rekening bank agar kebutuhan transaksi perbankan Anda semakin menyenangkan:

1. Tentukan tujuan pembukaan rekening bank

2. Pertimbangkan lokasi kantor cabang

3. Memiliki aplikasi mobile banking

4. Saldo awal saat pembukaan

5. Customer Service yang mumpuni

6. Biaya administrasi bulanan

Mengacu pada poin di atas, Anda bisa memilih PermataME untuk pilihan rekening perbankan Anda. PermataME merupakan produk tabungan kekinian dengan proses pembuatan rekening yang dilakukan secara online sehingga tidak perlu lagi datang ke kantor cabang PermataBank.

Alasan kenapa PermataME bisa menjadi pilihan antara lain karena tabungan yang memberikan kebebasan bertransaksi. Kemudian PermataME menawarkan fasilitas gratis biaya admin, tanpa biaya tarik tunai di bank lain tanpa syarat. Kemudian gratis biaya tarik tunai di Indomaret, beragam reward transaksi serta gratis transfer antar bank.

Adapun syarat dan cara buka rekening bank ini antara lain:

1. Siapkan kartu identitas KTP bagi WNI atau KITAS/KITAP bagi WNA

2. Download PermataMobile X dan pilih PermataME

3. Mengisi seluruh informasi yang dibutuhkan untuk pembukaan rekening

4. Menandatangani Specimen Tanda Tangan apabila proses dilakukan di cabang PermataBank

Bagaimana? Ternyata mudah bukan syarat melakukan pembukaan rekening PermataME. Yuk buka rekening PermataME sekarang dan dapatkan berbagai keunggulan yang ditawarkan untuk Anda! Informasi lebih lanjut terkait tabungan ini bisa kunjungi laman https://www.permatabank.com/id/tabungan-retail/permatame.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: Tim KONTAN
Editor: Ridwal Prima Gozal

TERBARU

×