kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
ADV /

5 Manfaat Membayar Tagihan KTA Tepat Waktu


Rabu, 22 Februari 2023 / 17:36 WIB
5 Manfaat Membayar Tagihan KTA Tepat Waktu
ILUSTRASI. Kontan - Bank DBS Adv Online

KONTAN.CO.ID - KTA merupakan singkatan dari kredit tanpa agunan. Jadi, kamu tidak perlu menjaminkan aset apapun untuk memperoleh pinjaman. Karena kemudahannya itulah banyak orang yang tertarik dengan jenis pinjaman ini. Namun, tidak sedikit juga orang yang terlena sehingga tidak membayar cicilannya tepat waktu.

Jangan ditiru ya karena ada beragam manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu membayar pinjaman apapun secara tepat waktu, termasuk kredit tanpa agunan sekalipun. Simak selengkapnya di bawah ini.

5 Manfaat Membayar Cicilan KTA Tepat Waktu

Meskipun dianggap sepele, nyatanya membayar cicilan pinjaman tepat waktu dapat membawa berbagai manfaat bagi pelakunya. Berikut di antaranya:

● Berpengaruh Terhadap Catatan Kredit

Semua aktivitas kreditmu akan tercatat di SLIK atau Sistem Layanan Informasi Keuangan. Aktivitas ini meliputi pinjaman apa saja yang pernah kamu ajukan hingga kelancaranmu dalam membayar cicilan.

Bila ada masalah dalam pembayaran cicilan, tentu hal tersebut akan mempengaruhi catatanmu. Hal ini akan menyulitkanmu di masa depan ketika ingin mengajukan pinjaman lagi karena biasanya pihak debitur seperti bank akan melihat catatan tersebut sebelum mengabulkan permohonanmu.

● Lebih Bisa Dipercaya

Tak hanya berpengaruh terhadap catatan SLIK saja, namun cicilan yang lancar juga akan membuat pihak debitur yang sama akan mempercayaimu. Dengan begitu, peluang pinjamanmu diterima oleh mereka akan semakin besar.

Hal ini akan lebih berpengaruh lagi bila ternyata pihak debitur tersebut bisa memberikan pinjaman dengan mudah. Tentu kamu tidak mau pinjamanmu dipersulit suatu hari nanti oleh mereka hanya karena cicilan sebelumnya bermasalah, bukan?

● Hidup Menjadi Lebih Tenang

Kalau kamu bisa mencicil tagihan KTA secara berkala dengan tepat waktu, maka perasaanmu akan menjadi lebih tenang kan? Hal ini disebabkan tidak adanya tanggungan yang harus terlalu kamu pikirkan akibat telat membayarnya.

Di samping itu, cicilan yang bermasalah akan membuatmu ditagih secara terus menerus oleh pihak peminjam. Ia sewaktu-waktu akan menelponmu. Bahkan tak jarang, ia akan mendatangi rumahmu atau kantormu. Selain merasa tidak tenang, pasti kamu juga akan malu bila orang terdekat sampai tahu, ‘kan?

● Tak Terkena Denda

Biasanya pihak debitur akan menerapkan kebijakan denda bagi peminjam yang tak bisa menyelesaikan cicilan dengan baik. Kebijakan ini tergantung pada masing-masing debitur. Namun biasanya, denda terkecilnya ialah 0,1% tiap hari.

Nah bayangkan kalau kamu telat membayar cicilan, bukankah tanggunganmu akan semakin berat karena harus membayar dendanya juga? Apalagi jika keterlambatanmu cukup lama. Oleh sebab itu, lebih baik membayarnya sebelum jatuh tempo.

● Peluang Memperoleh Cashback

Tahukah kamu bahwa cicilan yang dibayar secara teratur akan berpeluang mendapatkan cashback? Ya, kebijakan ini sering diterapkan di berbagai lembaga keuangan di Indonesia.

Selain cashback, ada juga berbagai kemudahan serta bonus yang ditawarkan oleh mereka kalau kamu bisa membayar cicilan dengan tepat waktu. Bahkan, hal-hal tersebut bisa kamu gunakan untuk berbelanja, lho! Itulah mengapa, usahakan untuk menepati cicilan pinjaman/

6 Cara Membayar Tagihan Anti Telat

Di atas kamu sudah tahu apa saja manfaat yang akan kamu peroleh dengan membayar tagihan tanpa terlambat. Lantas, bagaimana ya caranya agar bisa menepatinya? Berikut berbagai tips yang bisa kamu lakukan.

● Buat Anggaran Dana

Buatlah anggaran dana di awal bulan setiap kamu menerima gaji. Rincilah apa saja kebutuhan utamamu yang perlu didahulukan sebelum mengalokasikan dana untuk hal-hal lainnya.

Selain itu, segera sisihkan uang-uang tersebut ke pos-pos yang tersedia. Kalau perlu, langsung saja bayar cicilan kalau memang sudah memasuki waktu pembayaran. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir lagi akan cicilan yang telat.

● Memasang Pengingat

Kalau kamu belum bisa membayar cicilan saat itu juga, maka pasanglah alarm atau pengingat agar kamu bisa segera melunasi cicilan sebelum jatuh tempo. Jadi, kamu pun tidak akan lupa lagi akan cicilanmu.

Bila perlu, buatlah alarm yang berulang setiap bulannya atau di waktu-waktu yang dibutuhkan. Jadi, kamu tidak akan lupa lagi kapan saja batas terakhir kamu harus membayar cicilan.

● Perhatikan Kondisi Keuangan Sebelum Mengajukan Pinjaman

Memang tujuan dari mengajukan pinjaman adalah untuk memperoleh sejumlah dana. Namun, kamu juga harus memperhatikan apakah kamu sanggup membayar cicilannya dalam waktu yang ditentukan.

Pihak debitur biasanya akan meminta berbagai informasi untuk mempertimbangkan permohonan pinjaman. Maka dari itu, berikan informasi tersebut dengan jujur agar tidak merugikanmu sendiri. Selain itu, pertimbangkan juga kondisi atau kebutuhan lain yang tidak ada di dalam informasi tersebut.

● Pilih Pembayaran yang Mudah

Pada umumnya, pihak debitur akan menyediakan berbagai pilihan pembayaran. Pilihlah cara atau tempat pembayaran yang mudah kamu akses agar kamu pun bisa segera membayarnya tanpa perlu menundanya.

Akan lebih baik lagi jika ada fitur auto debet. Dengan begitu, cicilanmu akan langsung didebet dari rekening kamu di waktu yang telah ditentukan sehingga kamu pun bisa segera membayarnya.

● Hindari Kebutuhan yang Tak Perlu Sebelum Membayar Cicilan

Ketika gaji sudah cair, kebanyakan dari orang akan menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terlalu diperlukan seperti berbelanja secara berlebihan. Padahal cicilan pun belum dibayar.

Hal tersebut bisa membuat uang habis terlebih dahulu sehingga kamu pun akan kesulitan dalam membayarnya. Oleh sebab itu, bayarlah tagihan terlebih dahulu sebelum kamu beranjak ke kebutuhan tersier lainnya.

● Selalu Perhatikan Daftar Tagihan

Di atas sudah disinggung mengenai pembuatan anggaran dana. Selain hal tersebut, kamu juga perlu membuat daftar tagihan apa saja yang harus kamu bayar setiap bulannya secara terpisah.

Dengan begitu, kamu bisa mengetahui tagihan apa saja yang sudah dibayar maupun belum. Kamu pun bisa memperkirakan berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk membayar semua tagihan tersebut. Bila perlu, letakkan daftar tagihan tersebut di tempat yang bisa kamu lihat dengan mudah.

Sudah Siap Mengajukan Pinjaman KTA?

Di atas kamu sudah mengetahui berbagai manfaat dari membayar tagihan serta cara-cara yang bisa kamu terapkan untuk menepatinya. Nah kalau kamu membutuhkan pinjaman sekarang, maka kamu bisa mengajukan pinjaman di digibank by DBS.

digibank KTA adalah salah satu produk unggulan. Itulah mengapa kamu akan memperoleh berbagai kelebihan seperti:

● Bisa mengajukan kapan saja di Aplikasi digibank by DBS atau go.dbs.com/kta.

● Approval hanya 60 detik.

● Langsung ditransfer ke rekening digibank by DBS sampai Rp200 juta.

● Bebas mengatur jumlah pinjaman

● Waktu cicilan sampai 36 bulan.

● Tak perlu dokumen fisik.

● Syarat-syaratnya mudah, yaitu memiliki pendapatan minimal Rp5 juta tiap bulan, e-KTP, NPWP, dan berdomisili di Bandung, Surabaya, Semarang, atau Jabodetabek.

Bagaimana, menarik ‘kan? Maka dari itu, segera ajukan pinjaman KTA dengan klik di sini https://www.dbs.id/digibank/id/id/pinjaman/produk-pinjaman/digibank-kta-instan. Setelah permohonan diterima, jangan lupa bayar tagihan tepat waktu, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: Tim KONTAN
Editor: Ridwal Prima Gozal

TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×