kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
ADV / ADV

5 Hal yang Perlu Diketahui Seputar Seoul Lantern Festival 2019


Senin, 28 Oktober 2019 / 00:05 WIB

5 Hal yang Perlu Diketahui Seputar Seoul Lantern Festival 2019
ILUSTRASI. Traveloka - Kontan ADV online

KONTAN.CO.ID - Demam Korea Selatan sepertinya masih akan terus menguat di seluruh dunia. Melalui invasi budaya pop, seperti musik dan film, orang-orang di seluruh dunia ikut tergila-gila di dalamnya. Tak heran jika Korea Selatan menjadi salah satu destinasi wisata terfavorit dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Apalagi kultur pop ini juga secara tidak langsung menjadi sarana promosi tempat-tempat wisata di Korea. Misalnya saja Pulau Nami yang semakin ramai dikunjungi sejak menjadi lokasi syuting dari drama populer dari Korea, “Winter Sonata.”

Namun, pesona Korea Selatan tak hanya hadir melalui kultur pop dan keindahan alamnya saja. Mereka juga memiliki beragam tradisi yang menarik untuk dilihat secara langsung. Misalnya saja lewat beragam festival-festival tradisional yang hampir sepanjang tahun digelar. Salah satu festival terpopuler di Korea Selatan adalah Seoul Lantern Festival.

Penasaran dengan Seoul Lantern Festival? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu Seoul Lantern Festival?

Mulai diadakan pada tahun 2009, Seoul Lantern Festival diadakan pada awal minggu pertama bulan November dan digelar selama dua minggu. Selama festival ini digelar, Seoul pada malam hari akan terlihat lebih terang lewat cahaya berkilauan yang menghias kota setiap malamnya menjelang awal musim dingin ini.

Area yang menjadi pusat dari festival ini adalah ruang rekreasi publik Cheonggyecheon. Sungai yang diapit dengan trotoar besar ini dihiasi dengan ribuan lampion kertas sehingga menampilkan lampu kota yang indah pada malam hari. Lentera yang ditampilkan ini menampilkan beragam simbol, mulai dari adegan bersejarah, tokoh-tokoh nasional, bangunan-bangunan bersejarah, sampai selebriti.

Ada apa saja di Seoul Lantern Festival 2019?

Festival ini diselenggarakan oleh Yayasan Pariwisata Seoul dan didanai oleh Pemerintah Metropolitan Seoul. Seoul Lantern Festival telah menampilkan kekayaan sejarah dan budaya Seoul selamla satu dekade terakhir. Pada awal November 2019 nanti, festival ini akan menandai hari ulang tahunnya yang ke-11 dengan menampilkan karakter-karakter dari dongeng tradisional.

Ribuan lampion akan menjadi simbol dari dongeng-dongeng indah dari cerita tradisional Korea Selatan. Cerita-cerita ini kemudian akan menjadi cahaya kemilauan yang menyinari area Cheonggyecheon dengan indahnya.

Tema-tema yang berbeda setiap tahunnya

Tema-tema yang diangkat selalu berbeda setiap tahunnya. Jika tahun ini mengangkat cerita dongeng tradisional, tahun-tahun sebelumnya mengangkat tema yang sama menariknya. Misalnya saja, pada tahun 2011 lalu festival ini mengambil tema The History of Seoul by Lanterns.

Ribuan lampion dibuat untuk menceritakan sejarah Korea mulai dari Dinasti Joseon sampai era modern. Sementara itu, pada tahun lalu, festival ini mengangkat tema “Seoul Dream” dan menghadirkan lampion kertas berupa mobil-mobil jalanan, petugas militer Korea, sampai makanan-makanan khas Korea.

Hal-hal menarik di Seoul Lantern Festival

Selain gratis, Anda juga bisa menemukan beragam hal menarik saat menyusuri jalan di sepanjang area Cheonggyecheon. Ingin ikut membuat lentera? Anda bisa membeli lentera kertas dengan beragam ukuran di sini dan bisa menghiasi lentera tersebut sesuka Anda sebelum melepasnya di atas sungai.

Kebanyakan lentera yang dijual di sekitar sini bertemakan Tahun Baru Imlek dan simbol-simbol keberuntungan yang dipercaya oleh sebagian besar warga lokal. Lentera-lentera ini dijual dengan harga yang murah, hanya beberapa ribu Won saja. Anda bisa membelinya untuk dilepas di sungai atau membawanya pulang sebagai oleh-oleh.

Selain lewat lampion, kemilauan cahaya juga dihasilkan lewat permainan lampu yang diproyeksikan ke bangunan dan jembatan yang mengelilingi Cheonggyecheon. Oleh karena itu, waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah saat malam hari saat jalanan diterangi oleh variasi cahaya yang indah dan suasananya terlihat mengagumkan.

Cara untuk menuju ke Cheonggyecheon

Karena areanya hampir sepanjang 11 kilometer di pusat kota Seoul, Anda akan sangat mudah mendatangi festival ini kapan pun. Ada jalan trotoar yang nyaman di kedua sisi sungai sehingga Anda bisa berjalan kaki di sana dan mengelilingi sungai.

Cara terbaik untuk menuju festival ini adalah dengan menggunakan transportasi publik seperti Seoul Metro. Jangan lupa untuk membeli kartu T-Money untuk turis agar Anda mendapatkan potongan harga untuk transportasi selama di sana.

Seoul Lantern Festival menjadi festival yang wajib dikunjungi saat Anda berwisata ke Korea Selatan pada bulan November. Yuk, beli tiket pesawat ke Seoul Korea Selatan sekarang di Traveloka dan dapatkan penawaran harga menarik yang bisa membuat bujet liburan menjadi lebih hemat.


Sumber : Commercial Content
Editor: Ridwal Prima Gozal

Tag
Terpopuler

×