kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45700,06   2,33   0.33%
  • EMAS938.000 -0,85%
  • RD.SAHAM 0.36%
  • RD.CAMPURAN 0.15%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.14%
ADV / ADV

5 Cara Mengelola Bonus dengan Lebih Produktif


Senin, 27 Januari 2020 / 12:08 WIB
5 Cara Mengelola Bonus dengan Lebih Produktif

Adakah di antara kamu yang baru saja mendapatkan bonus berupa uang tambahan? Di awal tahun ini, beberapa dari kamu mungkin ada yang sudah mendapatkan bonus berupa THR, bonus tahunan, atau Angpao (amplop merah) terutama setelah perayaan Tahun Baru Imlek kemarin. Mendapatkan bonus bisa membuat orang menjadi impulsif dalam memanjakan dirinya dengan membeli barang atau pengalaman baru tanpa pertimbangan yang matang.

Seperti halnya gaji, bonus tahunan, THR, atau Angpao tidak disarankan untuk dihamburkan sepenuhnya, melainkan harus direncanakan dengan matang penggunaannya supaya lebih produktif hasilnya. Yuk simak tips berikut supaya kamu bisa menyusun prioritas yang baik dalam mengelola bonusmu!

Kelola Bonusmu dengan Prioritas yang Matang

  1. Melunasi Hutang dan Tagihan

Saat mendapatkan gaji bulanan maupun bonus tahunan hal yang pertama dilakukan adalah memprioritaskan hutang dan tagihan yang kamu miliki. Hal ini dilakukan agar saat kamu dapat lebih tenang dalam menjalani hidup tanpa adanya hutang dan tagihan. Hutang-hutang seperti kartu kredit, KPR rumah dan tagihan lainnya dapat diselesaikan terlebih dahulu, dengan melunasinya kamu terhindar dari adanya denda keterlambatan yang dapat membuat kamu malah membayar lebih untuk tagihan tersebut.

  1. Jangan Lupa Untuk Sedekah

Banyak yang percaya bahwa semakin banyak bersedekah, maka akan semakin banyak pula dana yang bisa kamu dapatkan. Percaya atau tidak banyak orang yang sudah merasakan manfaat dari bersedekah. Kamu dapat mulai bersedekah dengan memberikan beberapa persen dari bonusmu ke organisasi amal, panti asuhan, korban bencana dan lainnya. Sehingga bonus yang kamu dapatkan ini dapat menjadi lebih berkah.

  1. Tambah Terus Nilai Investasimu

Untuk semakin memaksimalkan nilai uangmu, sisihkan sebagian bonus untuk menambah nilai investasi. Dengan berinvestasi, nilai uang yang kamu terima sekarang akan lebih berkembang sesuai dengan imbal hasil yang dijanjikan instrumen investasi tersebut.

Untuk kamu yang belum mulai berinvestasi, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk memulai investasi dengan menggunakan sebagian dari bonus. Dan bagi kamu yang sudah berinvestasi, tidak ada salahnya untuk terus menambah nilai investasi dengan sebagian dari bonus tahunanmu.

  1. Sisihkan untuk Menabung

Berapapun dana yang kamu dapatkan, jangan lupa untuk menyisihkan sebagian untuk ditabung. Karena dengan menabung artinya kamu sudah mempersiapkan dana darurat. Jika kamu sudah memiliki keluarga, dana darurat adalah hal penting yang harus kamu persiapkan. Minimal setidaknya setara dengan 6 hingga 12 bulan pengeluaran rutin. Tetapi, ini menyesuaikan seberapa besar pendapatan yang kamu miliki.

Apabila dana darurat yang saat ini jumlahnya belum ideal, maka optimalkan bonusmu untuk dana darurat. Manfaat menabung lainnya adalah kamu dapat mengembangkan dana milikmu dengan melakukan investasi. Dengan melakukan pengembangan dana ini, kamu dapat menikmati imbal hasil hingga lebih dari 10% per tahun, lumayan bukan?

  1. Jangan Lupa Untuk Memanjakan Dirimu

Bonus memang tidak perlu sepenuhnya untuk kenikmatan di masa depan. Kamu juga perlu memanjakan dirimu dengan bonus tahunan yang sudah kamu dapatkan. Hal ini penting untuk memberikan dirimu reward atas segala perjuangan yang kamu lakukan untuk mendapatkan bonus tersebut.

Manjakan dirimu dengan berbelanja, travelling, bersantai bersama keluarga dan saudara dan lainnya. Namun, ingat kamu juga tetap harus memperhitungkan segala pengeluarannya. Jangan sampai terlena dengan itu semua, segala pengeluaran yang kamu lakukan juga tetap harus sesuai kontrol.

Kelola Bonusmu dengan Melakukan Pengembangan Dana Melalui Alternatif Investasi yang Aman

Salah satu alternatif investasi yang dapat dicoba adalah Peer to peer Lending Akseleran. Peer to peer (P2P) Lending Akseleran memberikan kesempatan untuk mengembangkan dana dengan imbal hasil hingga 21% per tahun, dengan memberikan pendanaan kepada UKM-UKM yang sudah profitable untuk kegiatan produktif.

Akseleran juga sudah mendapatkan izin penuh dari OJK sehingga semua proses transaksi pastinya sudah melewati pengawasan penuh dari OJK. Di samping itu, Akseleran pun melengkapi setiap dana yang masuk dengan proteksi asuransi untuk memitigasi risiko gagal bayar.

 

Pendanaan awal yang dapat kamu lakukan di Akseleran juga dapat dimulai hanya dengan Rp100 ribu saja. Bahkan untuk pendaftar baru, kamu dapat menggunakan kode promo KONTAN2020 untuk mendapatkan dana awal sebesar Rp100 ribu!

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email cs@akseleran.co.id. Kamu juga bisa unduh aplikasi Akseleran dari Google Play atau Apple App Store untuk mengembangkan dana dengan lebih mudah.


Reporter: Adv Team
Editor: indah sulistyorini
Tag

TERBARU

×