kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.011,63   -3,01   -0.30%
  • EMAS962.000 0,73%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%
ADV /

5 Cara Efektif Melunasi Cicilan dan Pinjaman dengan Cepat


Kamis, 23 Juni 2022 / 17:33 WIB
5 Cara Efektif Melunasi Cicilan dan Pinjaman dengan Cepat
ILUSTRASI. Kontan - Kredivo Adv Online

KONTAN.CO.ID - Di era digital seperti sekarang, mengambil cicilan dan pinjaman dengan cepat sudah sangat mudah. Berbagai metode cicilan dan pinjaman yang bisa di-download dan daftar secara online dalam waktu hitungan menit, sudah banyak tersedia untuk memanjakan pengguna untuk bertransaksi.

Salah satu aplikasi cicilan dan pinjaman favorit, serta terdaftar dan diawasi oleh OJK adalah Kredivo. Memiliki bunga 0% untuk paylater 30 hari dan cicilan 3 bulan, serta bunga rendah 2,6% untuk cicilan 6 bulan dan 12 bulan.

Sayangnya, meski ambil cicilan dan pinjaman sudah gampang, kadang justru melunasinya yang susah. Dan ini disebabkan oleh banyak faktor, terutama dari kurangnya kontrol dan kesadaran diri. Banyak orang yang memaksakan mengambil cicilan, meski tahu ia masih punya cicilan berjalan. Kalau terus menerus dibiarkan, kondisi ini bisa makin memperburuk kesehatan keuangan.

Lalu, gimana cara supaya kita bisa melunasi cicilan dengan cepat? Kamu bisa mencoba 5 cara ini.

1. Ambil Cicilan Sesuai dengan Kemampuan

Salah satu cara jitu agar cicilan bisa terlunasi dengan baik dan cepat dimulai dari mengetahui kemampuan bayar diri sendiri. Idealnya, cicilan yang diambil tidak lebih dari 30% total penghasilan per bulan. Misalnya, Anda punya penghasilan sebesar Rp 5 juta per bulan. Ini artinya, maksimal uang yang boleh Anda gunakan untuk bayar cicilan per bulan hanya 1,5 juta. Makin kecil, tentu makin baik.

Namun, 30% memang bukan patokan. Mungkin saja Anda masih tinggal di rumah orang tua, dimana tidak membayar tempat tinggal, dan memiliki kendaraan pribadi turunan orang tua, sehingga Anda pun mampu membayar cicilan hingga 40% pendapatan.

Akan tetapi, patut diingat kalau semakin tinggi cicilan yang diambil, melunasinya juga akan makin sulit. Belum lagi kalau tenor yang dipilih panjang. Otomatis secara total jumlah yang dibayar juga akan makin besar meski angsuran bulanannya kecil.

2. Gunakan Fitur Autodebet

Terkadang, kita sibuk bekerja atau ada kegiatan lainnya, sehingga lupa untuk membayar tagihan. Seperti, ada ulang tahun teman di hari tanggal gajian Anda, cicilan belum terbayar, tetapi Anda sudah mengeluarkan uang untuk membeli kado atau lain sebagainya.

Oleh karena itu, alangkah lebih bijak jika Anda memilih opsi pembayaran cicilan dengan autodebet melalui rekening di setiap tanggal jatuh tempo. Dengan begitu, Anda secara tidak langsung akan “dipaksa” untuk bayar cicilan, sehingga menghindari pengeluaran yang tidak berarti.

3. Coret Daftar Pengeluaran yang Tidak Perlu

Jika Anda ingin melunasi cicilan dengan cepat, cara jitu lain yang bisa dilakukan adalah dengan mencoret salah satu dari daftar pengeluaran yang menurutmu bukan prioritas. Misalnya, biasanya Anda sudah punya alokasi dana untuk jalan-jalan atau hangout 1 minggu sekali di akhir pekan.

Nah, Anda bisa memangkasnya menjadi hanya 1 kali dalam 1 bulan, bukan 4 kali dalam 1 bulan. Dengan cara ini, alokasi dana hangout tersebut bisa digunakan untuk menutup cicilan dengan lebih cepat.

4. Tidak Menambah Cicilan Sebelum Lunas

Memang, terkadang ada pikiran kalau, limit masih tersisa, rasa gatal jika tidak menggunakannya. Apalagi jika Anda menggunakan Kredivo yang bisa mendapatkan limit hingga Rp30 juta, yang sebagian limitnya bisa #Sefleksibelitu Anda cairkan melalui fitur pinjaman tunai.

Belum lagi rekanan merchant yang sudah bekerja sama dengan Kredivo, seperti Tokopedia, Lazada, JD.ID, MAP, Matahari, McDonald, Alfamart, dan ribuan merchant lainnya. Anda bisa fleksibel memilih merchant dan tenor yang disediakan.

Meski demikian, tidak disarankan menggunakan Kredivo untuk mengambil cicilan secara impulsif dan menambah cicilan sebelum cicilan lama lunas. Sebab, ini bisa menyusahkan keuangan Anda dan mempersulit pembayaran cicilan di hari esok.

5. Disiplin dan Berkomitmen

Poin terakhir dan nggak kalah penting, cicilan bisa lunas dengan cepat jika Anda disiplin dan memiliki komitmen yang kuat. Disiplin dalam menggunakan uang, disiplin dalam membayar, dan komitmen terhadap perjanjian cicilan yang sudah disepakati. Sebab, apa pun tips dan caranya, kalau tidak dibarengi dengan disiplin dan komitmen, tentu semuanya akan sia-sia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: Adv Team
Editor: Ridwal Prima Gozal

TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

×