kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
ADV /

4 Tips Manfaatkan Fitur Paylater untuk Libur Lebaran, Dijamin Anti Kalap!


Selasa, 28 Maret 2023 / 18:31 WIB
4 Tips Manfaatkan Fitur Paylater untuk Libur Lebaran, Dijamin Anti Kalap!
ILUSTRASI. Kontan - IndoDana Advertorial

KONTAN.CO.ID - Dengan banyaknya manfaat dan keuntungan yang ditawarkannya, tidak heran jika kini paylater telah menjadi salah satu metode pembayaran primadona. Hampir semua e-commerce dan marketplace terbesar di Indonesia juga telah menyediakan metode pembayaran digital tersebut guna menarik minat belanja konsumen.

Pada dasarnya, paylater adalah produk keuangan berbasis digital yang memiliki cara kerja mirip dengan kartu kredit di mana nasabah bisa menyelesaikan transaksi dan membayar tagihannya belakangan. Tidak hanya berbelanja kebutuhan sehari-hari, paylater juga bisa digunakan untuk memenuhi pengeluaran liburan, seperti booking tiket pesawat, reservasi hotel, dan lain sebagainya.

Menariknya, di tengah musim liburan seperti sekarang ini, ada banyak tawaran promo menarik yang bisa dimanfaatkan oleh para pengguna metode pembayaran digital ini untuk menghemat pengeluarannya. Nah, jika Anda penasaran bagaimana tips memanfaatkan fitur paylater untuk libur lebaran dengan bijak dan tepat, simak penjelasan berikut ini.

1. Sesuaikan dengan Kondisi Keuangan dan Kemampuan Bayar

Anda tidak akan bisa menggunakan fitur paylater dengan bijak tanpa memahami dulu kondisi keuangan dan kemampuan bayar saat ini. Walaupun penggunaan layanan ini mampu membuat tagihan belanja dibayar belakangan secara mencicil, pastikan nominalnya tetap wajar dan mampu dijangkau keuangan.

Agar kondisi keuangan tetap aman saat menggunakan paylater untuk memenuhi kebutuhan liburan, usahakan beban cicilannya tidak lebih dari 30 persen gaji bulanan. Jadi, semisal Anda memiliki penghasilan sebesar 5 juta tiap bulan, idealnya beban dari segala cicilan dan kredit tidak lebih dari 1,5 juta. Tujuannya agar keuangan tetap mampu memenuhi pengeluaran lain yang tak kalah penting, seperti, tagihan listrik, air, sampai kebutuhan harian.

2. Pastikan Dana Darurat Telah Terpenuhi

Tips lainnya, sebelum menggunakan fitur paylater dan menambah beban keuangan dengan cicilannya, usahakan dulu Anda telah memiliki dana darurat dengan nominal yang ideal. Dana darurat sendiri merupakan pos keuangan yang berguna untuk memberi nyawa kedua bagi keuangan agar mampu mengatasi pengeluaran mendesak dan mendadak.

Sebagai contoh, dana darurat dapat digunakan untuk membayar biaya rumah sakit, biaya renovasi rumah, ataupun pengeluaran penting lainnya yang tak terduga. Dengan begitu, Anda tidak sampai merasa terdesak hingga harus secara terpaksa berutang untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Utamanya, nominal dana darurat yang seharusnya dimiliki oleh seseorang adalah 6 sampai 12 kali pengeluaran bulanan. Artinya, dengan pengeluaran rutin sekitar 3 juta, jumlah dana darurat yang harus terkumpul adalah sekitar 18 sampai 36 juta. Jika pos keuangan ini telah dicapai, barulah Anda bisa lebih leluasa menggunakan fitur paylater untuk liburan atau keperluan lainnya karena kondisi keuangan lebih stabil.

3. Tentukan Budget Liburan yang Ideal

Ketika sudah mengetahui kemampuan finansial dan dana darurat telah terkumpul, Anda boleh mulai memikirkan tentang budget berwisata selanjutnya. Tentunya, agar kondisi keuangan tetap aman dan kondusif, tentukan anggaran liburan ini secara wajar dan tidak berlebihan.

Pikirkan tentang destinasi wisata mana yang ingin dikunjungi, dan cari tahu moda transportasi yang bisa dipilih untuk pergi ke sana. Selain itu, cek pula tempat penginapan yang tersedia dan pastikan biayanya sesuai budget yang telah ditentukan. Jangan lupa pula memasukkan budget untuk tiket masuk wisata, akomodasi, transportasi dalam kota, hingga oleh-oleh.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika memutuskan untuk memenuhi segala pengeluaran liburan dengan paylater, pastikan beban cicilannya nanti tidak lebih dari 30 persen gaji bulanan. Dengan begitu, risiko kewalahan membayar tagihan hingga mengalami kredit macet pun tidak akan sampai terjadi pada Anda.

4. Cek Beragam Tawaran Promo Lebaran yang Tersedia

Sebenarnya, dengan memanfaatkan fitur paylater, Anda berkesempatan untuk mendapatkan berbagai tawaran promo menarik yang mampu membuat pengeluaran liburan lebih hemat.

Terlebih menjelang libur lebaran, penawaran seperti diskon belanja dan cashback pasti banyak berseliweran ditawarkan oleh sejumlah penyedia layanan paylater ataupun e-commerce. Tentunya, agar bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal, cek beragam tawaran promo lebaran yang tersedia dan bandingkan mana yang mampu memberikan peluang keuntungan yang terbaik.

Pada Dasarnya Termasuk Sebagai Utang, Pastikan untuk Selalu Bijak Gunakan Paylater

Penggunaan layanan bayar nanti atau paylater secara garis besar mampu memberikan banyak keuntungan dan manfaat asal digunakan dengan bijak dan sesuai kebutuhan. Namun, karena pada dasarnya termasuk sebagai produk pinjaman dan beban utang, pastikan untuk selalu bijak menggunakan paylater, termasuk saat memenuhi kebutuhan penting dan pengeluaran liburan. Jika tidak, risiko beban tagihannya terlalu berat dan mengacaukan kondisi keuangan akan lebih rentan terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: Tim KONTAN
Editor: Ridwal Prima Gozal

TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

×