kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
ADV /

4 Keuntungan Modul Akunting sebagai Solusi Pencatatan Transaksi dan Keuangan


Kamis, 01 Desember 2022 / 11:00 WIB
4 Keuntungan Modul Akunting sebagai Solusi Pencatatan Transaksi dan Keuangan

KONTAN.CO.ID - Sebagian besar pengusaha mengabaikan pembukuan akuntansi. Padahal, pembukuan akuntansi memiliki peranan yang vital dalam operasional usaha dan riskan bila diabaikan. 

Setiap pengambilan keputusan dalam sebuah usaha harus berdasarkan pada informasi keuangan perusahaan. Informasi tersebut dapat diperoleh dari laporan keuangan dan pencatatan akuntansi perusahaan. 

Catatan keuangan memberikan pemahaman penting mengenai kondisi bisnis dan dari sisi finansial. Selain itu, catatan keuangan juga berguna untuk membantu mengatur biaya operasional, potensi keuntungan, bahkan utang. 

Perbandingan data keuangan juga membantu dalam pengalokasian budget secara pas. Selain itu fungsi akuntansi juga memudahkan penyelesaian data pembayaran pajak dan karyawan.

Penyusunan budget juga masuk dalam fungsi akuntansi. Hal ini sangat krusial dan sangat penting saat alokasi budget. Untuk mendapatkan historis keuangan, data historis bisa digunakan untuk membuat proyeksi dan tren bisnis, serta data yang akurat.

Gambar 2 Kelola Laporan Keuangan dengan Modul Accounting.

Seiring dengan semakin berkembangnya suatu usaha, semakin banyak pula laporan keuangan yang harus dikelola. Oleh karena itu, pengelolaan akuntansi secara manual tidak lagi efisien. 

Bayangkan, ketika toko atau tempat usaha yang masih mengandalkan pencatatan transaksi secara manual berbasis spreadsheet atau perangkat lunak Microsoft Excel. Tidak hanya membutuhkan banyak waktu dan tenaga, bisnis anda juga kemungkinan menghadapi risiko kesalahan manual yang berdampak fatal atau kerugian finansial. Apabila perusahaan semakin besar, jasa seorang akuntan yang profesional pasti dibutuhkan.

Itulah sebabnya, software akuntansi yang canggih mutlak dibutuhkan untuk mengurus pembukuan dan segala jenis perhitungan dalam kegiatan bisnis seperti Modul Akunting dari dRetail, dengan menggunakan modul tersebut, staf administrasi di perusahaan anda dapat bekerja layaknya seorang akuntan professional.

Aplikasi dRetail merupakan aplikasi POS yang memiliki fitur lengkap yang mudah digunakan dengan harga yang terjangkau. Aplikasi akuntansi dan POS ini berbasis cloud sehingga cocok digunakan oleh toko retail, kafe, dan restoran. Berikut adalah kelebihan dari modul akunting dRetail. 

1. Dashboard sederhana

Fitur akunting menawarkan tampilan dashboard yang mudah dimengerti dan dipahami oleh pemula. Catatan informasi usaha tersimpan di dalam aplikasi dengan periode waktu hitungan hari, bulan, dan tahun tersedia dalam bentuk laporan keuangan yang mudah dibaca dan bersifat real-time. Dengan begitu, mengakses laporan akhir keuangan semakin mudah, hanya butuh beberapa klik.

2. Real-time

Untuk membantu meningkatkan penjualan dan keuntungan, semua data transaksi yang ada akan tersimpan dan terus terbarui secara real-time setiap hari. Hal ini karena sistem POS data real-time dapat membuat keputusan bisnis yang cepat dan cerdas.

3. Tanpa instalasi terpisah atau aplikasi pihak ketiga

Berbeda dengan penyedia layanan POS lainnya, dRetail mengembangkan modul akunting yang sudah terintegrasi langsung dengan sistem point of sale-nya dan memperhatikan kebutuhan penggunanya. Jadi jika Anda menggunakan Modul Akunting dRetail, maka tidak perlu berlangganan aplikasi secara terpisah dari pihak ketiga.

4. Menyediakan pelatihan untuk pengguna

Anda tidak perlu khawatir kebingungan saat pertama kali menggunakan sistem akunting ini. Modul akunting dRetail memiliki tim khusus yang memiliki pengalaman dari Kantor Akuntan Publik (KAP) untuk memberikan pelatihan dan konsultasi secara menyeluruh terkait sistem akuntansi kepada para penggunanya. 

Anda bisa mendapatkan informasi lengkap tentang dRetail dengan mengikuti akun Instagram @dretailpos. Sementara itu, informasi mengenai harga dan cara kerja modul bisa didapatkan melalui website https://dretail.id/. Kunjungi juga https://dretail.id/module/accounting. 

Segera berlangganan dRetail sekarang agar dapat memperoleh kemudahan dalam berbisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: Adv Team
Editor: Indah Sulistyorini

TERBARU

×