kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45862,44   -0,26   -0.03%
  • EMAS918.000 -1,50%
  • RD.SAHAM -0.33%
  • RD.CAMPURAN -0.01%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%
ADV /

4 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Digital Banking


Rabu, 08 September 2021 / 07:00 WIB
4 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Digital Banking

KONTAN.CO.ID - Perkembangan teknologi telah mengubah gaya hidup manusia. Kehadiran internet menawarkan kemudahan dalam berbagai hal, seperti tersedianya layanan digital di berbagai sektor yang kian marak, dan perbankan merupakan salah satunya. Fitur digital banking memudahkan nasabah bank untuk dapat melakukan segala jenis kegiatan perbankan dimana saja dan kapan saja. Tetapi apa sebenarnya digital banking itu? Layanan apa saja yang disediakan?

Secara general, digital banking adalah seluruh aktivitas perbankan yang dilakukan melalui internet dengan menggunakan sarana elektronik milik bank. Layanan bank digital tidak hanya meliputi transfer, tarik tunai, pembayaran, pembukaan rekening, hingga investasi dan jasa keuangan, namun juga terdapat fitur lain seperti manajemen keuangan bagi para pengguna aplikasi.

Dibandingkan dengan layanan bank konvensional, layanan yang ditawarkan oleh bank digital jauh lebih inklusif. Perbedaan yang paling menonjol adalah nasabah tidak perlu lagi datang ke kantor cabang terdekat dan mengambil nomor antrian ataupun datang ke atm untuk melakukan transaksi keuangan yang prosesnya jauh lebih banyak memakan waktu. Terlebih, nasabah yang menggunakan layanan digital banking dapat menikmati dan memanfaatkan layanan tambahan yang disediakan seperti kemudahan dan keberagaman dalam bertransaksi hingga promo-promo yang tersedia.

Melalui PermataMobile X, PermataBank menghadirkan terobosan terkini di dunia digital banking. Dalam satu aplikasi mobile banking, pengguna dapat menikmati segala jenis transaksi perbankan dengan proses yang lebih sederhana.

 

Mudah dan praktis

Salah satu keunggulan utama dari digital banking adalah aplikasi yang all in one. Segala urusan perbankan dapat dilakukan dengan mudah dan cepat melalui satu platform.

Pengguna PermataMobile X dapat mengecek semua akun PermataBank yang dimiliki dengan satu layar dalam satu aplikasi. Kelebihan lain dari aplikasi mobile banking ini adalah kemudahan pengguna untuk memeriksa mutasi transaksi hingga 12 bulan untuk semua jenis akun tabungan, giro, deposito, reksadana, obligasi, hingga KTA dan KPR. Tidak hanya itu, tersedia 200 fitur yang dapat digunakan untuk beragam transaksi perbankan dalam satu aplikasi.

Keberagaman fitur tambahan dalam aplikasi bank digital memberikan keuntungan lebih bagi para pengguna. Sebagai contoh, pengguna PermataMobile X dapat melakukan investasi secara mudah, dimana proses transaksi penjualan dan pembelian dapat dilakukan dalam genggaman.

Dalam satu platform, dengan menggunakan layanan digital dari PermataBank ini nasabah dapat melakukan penambahan kartu kredit, mengajukan kenaikan limit sementara, ataupun mengajukan pinjaman cicilan dana tunai dengan cepat.

Selain itu, berbagai layanan yang terdapat di aplikasi memudahkan pengguna saat bepergian. Pengguna layanan tidak perlu repot membawa uang tunai dalam jumlah banyak karena pembayaran dapat dilakukan secara non tunai (cashless) saat bertransaksi di kasir restoran, pusat perbelanjaan, hingga loket parkir. PermataMobile X juga dilengkapi dengan fitur QR pay yang merupakan sistem pembayaran dengan barcode melalui dompet digital sehingga transaksi menjadi lebih cepat.

 

Fleksibel

Layanan ini memiliki fleksibilitas yang tinggi karena tidak terdapat batasan waktu. Karena tidak terpatok jam operasional kantor cabang, pengguna dapat mengakses layanan dan bertransaksi selama 24 jam non stop dalam sehari dan dimanapun hanya dengan menggunakan smartphone mereka dan memanfaatkan jaringan internet.

PermataMobile X menyediakan layanan PermataStore yang memudahkan penggunanya dalam membeli berbagai jenis produk perbankan secara daring. Selain fleksibel, penggunaan mobile banking dapat mempercepat transaksi. Pengguna PermataMobile X bahkan dapat mentransfer uang dalam hitungan detik dengan menggunakan nomor handphone.

Jika dihitung-hitung, skema ini lebih menghemat waktu, biaya, dan tenaga sehingga sangat cocok untuk kamu yang memiliki mobilitas tinggi. Menarik bukan?

 

Ramah Lingkungan

Kelebihan mobile banking lainnya adalah membantu mengurangi sampah di lingkungan. Karena semua transaksi dilakukan melalui aplikasi dan paperless, maka tidak akan ada lagi tumpukan kertas seperti struk bukti transaksi yang dilakukan melalui mesin atm maupun sampah kertas dari formulir yang perlu diisi ketika bertransaksi di kantor cabang.

 

Keamanan

Keamanan dan privasi pengguna merupakan hal utama bagi nasabah. Sangat penting bagi pengguna layanan digital banking untuk memastikan keamanan dari layanan yang digunakan.

 

PermataMobile X menggunakan sistem finger print bagi pengguna untuk login ke aplikasi. Selain lebih praktis, hal ini juga dinilai lebih aman karena hanya pemilik perangkat yang dapat mengakses aplikasi dan melakukan transaksi. Di samping itu, aplikasi ini dilengkapi dengan teknologi pengenalan wajah atau yang biasa dikenal dengan sistem login Face ID sehingga proses login jadi lebih cepat.

Agar transaksi menggunakan digital banking tetap aman, penting bagi pengguna untuk menjaga kerahasiaan informasi pemilik akun seperti nomor kartu, pin, username serta password akun dari siapapun. Sangat disarankan bagi pengguna layanan digital banking untuk menggunakan password yang kuat dan aman, misalnya dengan tidak menggunakan tanggal lahir sebagai password dan menggantinya secara reguler.

Di samping itu, selalu gunakan jaringan pribadi dan melakukan otentikasi ganda saat bertransaksi. Pengguna layanan digital banking juga perlu mewaspadai tautan dan lampiran file yang mencurigakan yang dikirimkan melalui SMS ataupun email. Jika pengguna layanan menduga atau mengetahui bahwa informasi pengguna telah tercuri ataupun kehilangan akses terhadap akun pengguna, segera hubungi customer service penyedia layanan untuk mengajukan permintaan blokir akses ke rekening.

Nah, setelah mengetahui berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh layanan digital banking, tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi PermataMobile X dari PermataBank agar kamu bisa menikmati kemudahan bertransaksi hanya dengan satu aplikasi.

 


Reporter: Adv Team
Editor: indah sulistyorini

TERBARU
Kontan Academy
Mastering Virtual Selling: How to win sales remotely Optimasi alur Pembelian hingga pembayaran

×