kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45945,58   -16,27   -1.69%
  • EMAS984.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%
ADV /

3 Alasan Utama Skincare Vegan Berbahan Alami Ramaikan Pasar Skincare di Indonesia


Rabu, 09 November 2022 / 10:00 WIB
3 Alasan Utama Skincare Vegan Berbahan Alami Ramaikan Pasar Skincare di Indonesia

KONTAN.CO.ID - Skincare memiliki peran penting dalam kesehatan kulit dan juga penampilan Anda. Tak heran, karena kulit merupakan organ terbesar di tubuh Anda.

Dengan asupan nutrisi dari skincare, kesehatan kulit menjadi terjaga, membuat Anda tampak muda, serta bisa mencegah masalah kulit di masa depan.

Tingginya trend skincare membuat pasarnya semakin luas di Indonesia dan memicu kemunculan brand skincare lokal. Dan tidak sedikit dari brand lokal baru tersebut yang merupakan  skincare vegan.

Berikut 3 alasan utama maraknya skincare vegan lokal baru bermunculan di pasaran.

1. Skincare Berbahan Vegan dipastikan Halal.

Pada umumnya ada beberapa skincare yang menggunakan zat hewani maupun turunannya dalam produknya seperti madu, lilin lebah (beeswax), lanolin, gelatin, kolagen, karmin, squalene, stearic acid, dan kolesterol yang diambil dari hewan. Sedangkan skincare berbahan vegan tidak mengandung unsur hewani sama sekali dalam produk maupun kemasannya, karena itu dapat dipastikan Halal dan aman digunakan oleh seluruh penganut agama di dunia.

2. Skincare Vegan ramah lingkungan dan anti kekerasan terhadap hewan.

Dengan banyaknya film lepas atau dokumenter seperti seaspiracy, cowspiracy, what the health, Okja, dan kampanye vegan yang dilakukan oleh brand-brand besar dunia seperti The Body Shop, banyak dari kalangan masyarakat Indonesia yang sadar akan kekejaman terhadap hewan dan beralih ke alternatif gaya hidup baru yaitu Veganisme, pola hidup welas asih yang tidak melibatkan produk hewan maupun turunannya. Kesadaran kekejaman terhadap hewan, berbanding lurus dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keberlangsungan lingkungan kita. Dalam film-film dokumenter seperti seaspiracy, cowspiracy, dll dijelaskan bagaimana industri daging, ikan, dan susu mempunyai andil besar terhadap eksploitasi laut dan lingkungan yang mengancam kesehatan ekosistem laut dan juga hutan bumi ini. Berkat film-film dokumenter tersebut pula gerakan anti kekerasan terhadap hewan pun mulai digalakan, dan tidak sedikit brand -brand kecantikan yang mengusung cruelty free yaitu kebijakan yang menentang uji coba terhadap hewan.

3. Keamanan dan kecocokan skincare vegan untuk semua jenis kulit hingga kulit sensitif.

Bahan dasar produk skincare vegan berasal dari tumbuh-tumbuhan yang aman bagi semua jenis kulit hingga kulit sensitif sekalipun. Seperti dilansir oleh salah satu study  dari BioMed Research international, “bahan alternatif dari tumbuhan lebih mudah diproses oleh tubuh dan formulanya lebih stabil dibanding dengan alternatif hewani, sehingga lebih mudah disimpan dan dapat disimpan lebih lama.” Dari kutipan tersebut, bisa kita simpulkan bahwa formulasi produk skincare berbahan vegan lebih memiliki presentasi kecocokan terhadap kulit manusia, dan juga karena formulasinya yang lebih stabil, dipastikan lebih aman untuk pemakain jangka lama. Untuk alasan tersebut, tidak heran jika produk skincare vegan banyak diminati yang membuat produsen melirik untuk menciptakan lebih banyak skincare vegan.

Anvi Claire salah satunya yang memasuki pasar skincare lokal, dengan mengeluarkan produk vegan yang mengusung tema clean beauty. Artinya, produk skincare Anvi Claire tidak mengandung zat turunan maupun hewan itu sendiri, dan dibuat dengan menggunakan minimal ingredients tanpa alergen yang bisa memicu permasalahan kulit.

Kulit Sehat Bercahaya, Cerah, Bebas Jerawat bersama Anvi Claire

Produk yang mereka jual tidak mengandung paraben, SLS/SLES, alkohol, pewangi, silikon, maupun pewarna buatan dalam formulanya.

Anvi Claire yang diambil dari bahasa Sansekerta dengan arti Dewi Hutan dibuat karena pemiliknya merasa kesulitan menemukan skincare yang berbahan vegan di Indonesia dengan harga terjangkau.

Pemiliknya yang sudah 24 tahun menjadi vegan mengungkapkan “Biasanya (skincare) yang mengklaim produknya vegan, juga mengeluarkan produk yang non-vegan, dan harganya pun masih sangat mahal”.

Selain menggunakan bahan aman dan vegan, hybrid skincare ini juga diproduksi tanpa ada unsur menyakiti hewan mulai dari proses pembuatan hingga pengujian, atau yang biasa disebut dengan cruelty free.

Anvi Claire bisa menjadi pilihan bagi para pemula pengguna skincare, serta layak dicoba bagi mereka yang memiliki masalah wajah seperti berjerawat, kulit sensitif, dan kulit kusam.

Skincare ini tak hanya bisa digunakan oleh wanita, kaum pria pun butuh perawatan wajah agar tetap bersih dan bercahaya.

Anda bisa mendapatkan Anvi Claire dengan harga terjangkau secara online di Shopee Mall, Tokopedia, serta TikTok Shop. Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut, bisa mengunjungi website Anvi Claire dan juga media sosial Instagram dan TikTok.

Bagi Anda yang tertarik mencoba produknya secara langsung, bisa langsung datang ke Black Forest Cafe yang beralamat di Jl. Parangtritis No.87, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55153. Selain mencoba skincare, Anda bisa mencicipi makan vegan yang merupakan bisnis awal dari pemiliknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: adv PI
Editor: Indah Sulistyorini

TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

×