kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
ADV /

Kami Beradaptasi, Kami Berinovasi – Bersama Melawan Pandemi #iGotYourBackLawanCOVID


Minggu, 10 Mei 2020 / 20:50 WIB
Kami Beradaptasi, Kami Berinovasi – Bersama Melawan Pandemi #iGotYourBackLawanCOVID
ILUSTRASI. Kontan - Astra Life ADV Online

KONTAN.CO.ID - Tak disangka, era baru datang begitu cepat didorong oleh sebuah virus. Dampaknya sangat besar di seluruh sektor kehidupan, termasuk juga bagi industri asuransi jiwa. Gelombang disrupsi ini begitu kuat, memerlukan kecepatan beradaptasi untuk memitigasi kondisi yang tengah terjadi dan dapat melampaui situasi yang sulit ini sebagai pemenang. Sudah hampir 2 bulan kita menerapkan physical distancing dan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) guna mendukung upaya pemerintah memutus rantai penyebaran virus ini. Selama ini kita juga melihat, perubahan besar terjadi di cara kita bekerja, cara kita bersosialisasi, cara kita bertransaksi, dan cara kita menjalani hidup lainnya. Perubahan perilaku konsumen diprediksi akan terus bertahan hingga masa pandemi berakhir, dan menjadi the new normal.  

Direktur Astra Life, Windawati Tjahjadi mengatakan bahwa masa pandemi ini menjadi suatu turning point bagi industri asuransi untuk mempercepat adopsi digitalisasi. Astra Life sejak awal telah fokus pada pengembangan insfrastruktur berbasis digital yang diyakini akan menjadi katalis pertumbuhan asuransi jiwa. Proses pembelian dan pengajuan klaim telah didigitalisasi, mulai dari product suitability, e-Quotation, e-Submission, e-Payment, e-Policy, dan e-Claim. Astra Life selalu mengedepankan budaya inovasi, dengan penerapan prinsip agility. Hal ini kemudian menjadi kekuatan Astra Life untuk  melayani nasabah di masa pandemi ini dengan semangat #iGotYourBackLawanCovid. 

Kontan - Astra Life ADV Online

Life Lovers – Karyawan Tetap Produktif Dari Rumah

Astra Life, semenjak pemberlakuan PSBB telah menerapkan metode kerja work from home untuk karyawan dan tenaga pemasar. Meskipun ini sesuatu yang baru, namun perusahaan dapat beradaptasi dengan cepat dan tetap menjaga kualitas layanan ke nasabah. Infrasturktur, sistem komunikasi dan engagement yang dilakukan, membuat karyawan tetap dapat produktif bekerja dan membantu nasabah, dari rumah. Untuk menjaga kualitas tenaga pemasar, sejumlah pelatihan secara online tetap dijalankan oleh Astra Life Academy yang merupakan pusat pelatihan khusus untuk para tenaga pemasar Astra Life. Keterbatasan yang ditimbulkan oleh physical distancing justru memicu para trainer Astra Life Academy untuk membuat meteri training online tetap menarik meskipun dilakukan secara jarak jauh.

Kontan - Astra Life ADV Online

Produk dan Layanan Berbasis Digital

Windawati Tjahjadi menambahkan, peran sesungguhnya dari sebuah proteksi makin terasa begitu penting di dalam situasi yang penuh dengan ketidakpastian ini. Manajemen risiko menjadi hal kunci yang wajib dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat. Astra Life sendiri sudah beberapa tahun ini fokus memasarkan berbagai produk asuransi tradisional melalui beberapa kanal distribusi.

Selama masa pandemi, nasabah tetap memiliki akses secara digital ke produk dan layanan Astra Life dengan tingkat kenyamanan yang tetap sama.

Untuk jalur distribusi berbasis tatap muka, Astra Life memiliki alat penjualan digital serta memanfaatkan teknogi untuk pertemuan secara online. Calon nasabah nantinya dapat memperoleh penjelasan mengenai manfaat produk melalui sambungan telepon yang direkam dan untuk selanjutnya, nasabah akan diarahkan untuk melengkapi pengisian data pribadi yang dibutuhkan, persetujuan pembelian produk asuransi, foto kartu identitas serta melakukan pembayaran secara online.

Selain itu, Astra Life juga melakukan pemasaran secara online melalui laman ilovelife.co.id, e-commerce milik Astra Life yang cukup dikenal masyarakat dengan produk unggulan Flexi Life. Calon nasabah tetap dapat melakukan pembelian produk layaknya belanja online dengan batasan uang pertanggungan  hingga Rp 5milyar melalui produk asuransi jiwa dan penyakit kritis. Calon nasabah dapat dengan fleksibel mengatur sendiri besar perlindungan, frekuensi dan metode pembayaran, cek harga premi dan dapat dibeli tanpa cek medis.

Selain Ilovelife.co.id, tersedia juga aplikasi Buddies dimana nasabah bisa akses ke portal nasabah, baik nasabah individu maupun kumpulan, untuk akses ke polis dan juga melakukan klaim secara online.

Khusus untuk nasabah asuransi kumpulan, Astra Life bekerjasama dengan aplikasi Halodoc untuk layanan konsultasi dan klaim terkait Covid-19.

Bersama mitra PermataBank, Astra Life juga hadirkan 4 produk unggulan yang dapat dibeli di super app PermataMobileX dari rumah.

Selama periode pembelian polis bulan April dan Mei 2020 ini, Astra Life memberikan santunan khusus untuk keluarga nasabah yang positif terdiagnosa Covid-19 hingga sebesar Rp 5juta yang berlaku untuk  produk-produk Astra Life AVA iSmart, AVA iFuture, AVA iFuture Premier, AVA iPrime, AVA iBright, ASLI Rencana Optima, ASLI iSignature, Flexi Life dan Flexi Critical Illness. Astra Life berharap, santunan ini dapat membantu keluarga nasabah agar dapat tetap memenuhi kebutuhannya ditengah kondisi ekonomi yang melambat.

Beberapa program lain yang diluncurkan perusahaan sebagai bentuk tanggap akan kondisi pandemi, antara lain memperpanjang masa pembayaran premi untuk nasabah agar perlindungan nasabah tetap aktif, fasilitas perubahan frekuensi pembayaran premi agar jumlah preminya lebih terjangkau, relaksasi masa tunggu khusus untuk diagnosa Covid-19, serta pengaktifan kembali polis secara otomatis. Intinya, kami memberi kepastian perlindungan nasabah tetap aktif di tengah masa pandemi.

Untuk urusan servis, layanan call center 24/7 Hello Astra Life senantiasa dapat diakses di 1-500-282.

Kontan - Astra Life ADV Online

Aktif Suarakan Hal Positif di Sosial Media dan Pertemuan Virtual

Tak hanya inovasi melalui produk dan layanan, tapi juga dukungan kesehatan mental dan produktifitas masyarakat dan nasabah. Astra Life melalui akun instagram @astralifeID dan tenaga pemasar melalui pertemuan nasabah secara virtual, rutin menyuarakan pesan motivasi dan ajakan untuk produktif dengan berbagai kegiatan bincang online bersama berbagai narasumber mengenai keuangan, kesehatan, dan hal produktif lainnya.

Ajak Nasabah dan Masyarakat untuk Peduli

Dampak ekonomi dari pandemi ke sektor informal sangat memprihatinkan. Oleh karena itu Astra Life, melalui kampanye Satu Polis #iGotYourBackLawanCovid mendonasikan Rp 100ribu untuk setiap pembelian produk asuransi di ilovelife.co.id dan Buddies selama periode 30 Maret 2020 – 31 Mei 2020 dan juga donasi Rp 50ribu dari  peserta customer gathering online yang diadakan oleh tenaga pemasar. Sumbangan dana ini akan disalurkan untuk pekerja sektor informal, sebagai bentuk dukungan untuk mereka bisa melalui masa krisis ini.

Selain sektor informal, guna membantu akses masyarakat ke alat kesehatan, Astra Life, bekerja sama dengan kitabisa.com, melakukan penggalangan dana yang terbuka untuk masyarakat umum dan nasabah, dimana Astra Life akan melipatgandakan jumlah donasi masyarakat selama periode 16-23 Mei 2020. Dari kegiatan ini, diharapkan dapat terkumpul dana sebesar Rp 500 juta untuk pengadaan alat kesehatan.

Stay strong, Indonesia. #iGotYourBackLawanCovid

Astra Life berharap, baik inovasi produk dan layanan yang disediakan dapat membantu meringankan beban dari ketidakpastian dan juga kegelisahan selama masa-masa sulit ini. Ini adalah bentuk komitmen kami untuk selalu ada bagi nasabah, yang dikomunikasikan sebagai  #IGotYourBackLawanCovid. Kami ingin selalu ada dan dekat dengan nasabah baik dimasa senang maupun masa sulit seperti sekarang ini.

Didukung dengan kondisi keuangan yang solid, dengan angka RBC sebesar 422% di kuartal 1 tahun 2020, jauh diatas ketentuan minimum OJK sebesar 120%, kami akan terus berinovasi dan selalu hadir untuk para nasabah dari Sabang sampai Merauke.

“Mari kita terus jaga kesehatan, tetap berpikir positif dan mengupayakan agar pandemi ini cepat berlalu dan ekonomi Indonesia segera pulih bahkan lebih kuat dari sebelumnya. Don’t worry, Astra Life will always got your back”, ujar Windawati menutup pembicaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: Adv Team
Editor: Ridwal Prima Gozal

TERBARU

×